ETIKA PROFESI 2 : PROFESI IT DAN PROFESIONALISME

 Pada Senin, 4 September 2023 kemarin merupakan pertemuan kedua pembahasan materi mata kuliah etika profesi bagi mahasiswa prodi Sistem Informasi UNEJ. Pada pertemuan kali ini materi yang dibahas adalah profesi IT dan profesionalisme. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman memahami materi ini ya:D


Menurut George Reynolds, profesi itu merupakan panggilan atau sebutan yang membutuhkan keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang.


Nah, misalnya pada gambar tersebut terdapat banyak jenis profesi yang memerlukan keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang seperti dokter, arsitek, dll. Tentunya mereka harus melalui pendidikan khusus sesuai bidangnya masing-masing terlebih dahulu.

Dilansir dari The United States Code o Federal Regulations (The US CFR), professional employee merupakan orang yang terlibat dalam pekerjaan dimana :

  1. Membutuhkan pengetahuan yang biasanya didapat dari pendidikan di institusi pendidikan atau rumah sakit. Biasanya seorang profesional memiliki pengeahuan yang lebih di bidang sains.
  2. Melaksanakan aturan  dan penilaian atas kinerjanya.
  3. Didominasi karakter intelektual, maksudnya adalah yang benar-benar ahli di bidan sains dan atau tidak asal.
Bersamaan dengan itu, tentunya meraka sebagai profesional harus memiliki profesionalisme. Lalu apa sih yang dimaksud profesionalisme?

Menurut KBBI sendiri, profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Singkatnya, profesionalisme merupakan bagaimana kita bersikap sebagai seorang profesional.

Misalnya, dosen-dosen fasilkom UNEJ yang selalu berusaha datang ke kelas dengan tepat waktu, juga selalu mengonfirmasi pembatalan kelas maksimal sehari sebelum kelas tersebut. Tentunya itu merupakan bentuk profesionalisme dosen fasilkom dalam kegiatan belajar mengajar di kampus.

Lalu, apa teman-teman pernah mendengar tentang Software Engineering, IT Engineering, IT Professional, IT Management, dan Data & Business?

Mungkin bagi teman-teman terdengar agak asing, itu tadi adalah jenis-jenis pekerjaan di bidang TI. Tentu masih banyak pekerjaan yang lebih detail lainnya.

Software Engineering

Dalam Software Engineering, terdapat banyak pekerjaan lainnya seperti berikut ini,
  1. Project Manager
  2. System Analyst
  3. System Architect atau System Designer
  4. Programmer
  5. Mobile App Developer
  6. Front-end Developer
  7. Back-end Developer
  8. Website Developer
  9. Quality Control Developer
  10. Quality Assurance Manager
  11. UI/UX Designer
IT Engineering
  1. IT Support Manager
  2. IT Support Specialist
  3. Network Architect
  4. Network Engineer
  5. Network System Administrator
  6. IT Security Specialist
  7. Technical Support Engineer
IT Operations
  1. System Administrator
  2. Website Administrator
  3. Help Desk Technician
  4. Help Desk Specialist
Data and Business
  1. Data Scientist
  2. Data Analytics Manager
  3. Data Center Manager
  4. Data Quality Manager
  5. Database Engineer
Nah, itu adalah contoh pekerjaan di bidang TI, bisa kita pahami bahwa pekerjaan di bidang TI pun terbagi menjadi banyak kategori tergantung pada bidang apa yang mereka kerjakan.

Sekian yang bisa saya sampaikan dari materi minggu ini, semoga tulisan saya bisa membantu teman-teman dalam memahami materi profesi IT dan profesionalisme ini ya:D -xT

Komentar

Postingan Populer