ETIKA PROFESI 6 : ETIKA BISNIS

    Pada Senin, 9 Oktober yang lalu merupakan pertemuan ketujuh pembahasan mata kuliah etika profesi bagi mahasiswa prodi Sistem Informasi UNEJ. Jika pada pertemuan sebelumnya kita membahas mengenai materi cyber ethics, pada pertemuan kali ini materi yang dibahas adalah etika bisnis. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman memahami materi ini ya:D.


    Bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh organisasi/perseorangan untuk menciptakan barang atau jasa yang memiliki nilai jual dan mencari keuntungan. 

    Etika bisnis merupakan suatu bentuk etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika yang ada dalam lingkungan bisnis. Etika bisnis berlaku dalam semua aspek bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa. Etika bisnis biasanya berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang berlaku.

    Etika bisnis diperlukan untuk menjaga nama, haraga diri, dan juga nasib manusia yang terlibat dalam bisnis tersebut. Bisnis merupakan bagian penting dalam masyrakat. hal ini menjadikan etika bisnis diperlukan agar kehidupan bermasyarakat menjadi tertib dan teratur. Etika bisnis juga diperlukan untuk memberi pedoman bagi pihak-pihak yang melakukan bisnis agar tidak melakukan kecurangan yang menrugikan orang lain. Memahani etika bisnis diperlukan untuk memberi pelajaran bahwa bisnis tidak hanya mencari keuntungan semata namun bisnis juga perlu untuk memelihara etis dan hubungan baik antar manusia yang terlibat.

Prisip-prinsip dalam etika bisnis :

1. Prinsip Otonomi

    Prinsip Otonomi merupakan kemampuan untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk di lakukan dan dipertanggung jawabkan secara moral atas keputussan yang diambil.

2. Prinsip Kejujuran

        Dalam berbisnis kejujuran sangat penting untuk mempertahankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

3. Prinsip Keadilan

       Dalam berbisnis setiap orang memilik hak untuk mendapat perlakuan yang sesuai dan tidak dirugikan.

4. Prinsip Saling Menguntungkan 

             Bisnis harus saling menguntungkan antar kedua pihak. Apabila ada pihak yang dirugikan bisnis yang berjalan tidak bertahan maupun berkembang.

5. Prinsip Intregitas Moral

    Dalam berbisnis dalah satu hal yang harus diperahatikan adalah moral. Hal ini diperlukan untuk menjaga nama baik bisnis maupun orang-orang yang terlibat didalamnya. Sehingga daat tetap dipercaya dan dapat mengembangkan bisnisnya.

Masalah Etika dalam bisnis.

    Masalah-masalah etika dalam bisnis dapat terjadi karena pelaku bisnis lebih mempertimbangkan keuntungan materi dalam pengambilan keputusan. jalan terbaik dalam menyelesaikan  masalah etika bisnis adalah dengan mengambil sudut pandang kostumer atau kompetitor.

E-commerce

    E-commerce merupakan sebuah website yang dinamis dan dapat digunakan dalam transaksi jual beli secara online. 

 Benefit e-commerce :

1. Akses terhadap pasar global

2. Transaksi langsung tanpa perantara

3. Usaha kecil dapat bersaing perusahaan besar

4. tarnsaksi jual beli dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

5. Membentuk loyalitas konsumen

6. mengurangi biaya pemasaran

7. Memberikan kepuasan konsumen

8. Keamanan

Masalah- Masalah dalam E-commerce :

1. Web spoofing

    Web spoofing adalah sebuah upaya dalam menipu konsumen dengan membuat situs palsu yang mirip degan situs resmi. contoh www.micros0ft.com.

2. Cyber-squatting

    Upaya seseorang untuk melangar trademark. kemudian memeras pemilik trademark asli dengan harga yang jauh kebh mahal dan memberikan kata-kata yang merusak citra trademark tersebut.

3. Privacy invasion

    E-commerce dapat mengumpulkan informasi pribadi-pribadi dari konsumen seperti alamat dan riwayat pembelian. Informasi-informasi dapat dijual untuk keperluan perusahaan pemasaran. Selain itu, ancaman malware yang disisipkan dari web/internet dapat merekam selutuh aktivitas yang dilakukan pengguna

4. Online Piracy

    Pembajakan online dapat terjadi seperti pelannggaran haki e-book, video, musik, dll.

5. Email Spamming

    Email yang dimasukan oleh konsumen dapat emnjadi perantar untuk pengiklanan dan dapat menjadi spam email yang mengganggu.

    Etika bisnis dan e-commerce merupakan hal yang penting dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis pada masa saat ini. Etika bisnis diperlukan untuk menjaga nama baik bisnis dan e-commerce diperlukan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas pasar.

Komentar

Postingan Populer